Pages

Rabu, 23 Juni 2010

Menggenggam Dunia Bukuku Hatiku ~ Golo-golo



Gola Gong, penulis dengan karyanya yang begitu terkenal, Balada Si Roy. Gola Gong, penulis yang namanya sering tersaji di rak-rak toko buku. Gola Gong, penulis yang karyanya memang belum pernah ku baca sama sekali, namun kabarnya sudah sering terdengar. Gola Gong, nama penulis yang belakangan ini begitu menarik perhatianku dalam tiap kali menjelajahi rak-rak toko buku, semua lantaran kabar sakitnya.



Sebelumnya, serial Labirin Lazuardi, telah menjadi bagian koleksi, meskipun sampai saat ini belum sempat terbaca. Kemudian buku “Menggenggam Dunia” ini begitu menariknya untuk di miliki, karena sekilasan dapat tertangkap kalau dalam buku ini kita akan dapat memahami dan mengenal sosok Gola Gong.



Rupanya benar, setelah buku ini habis di baca tuntas, sosok Gola Gong yang awalnya hanya berupa kabar dan hanya tahu keberadaannya sebagai seorang penulis, sedikit banyak dapat dipahami. Bukan sekadar itu saja, setelah membaca buku ini ada pesona dari tiap langkah yang telah dilalui dan diceritakannya dengan sangat baik, jejak yang penuh inspirasi. 

Dalam buku ini, Gola Gong, menceritakan dengan rinci kehidupannya dari masa kecil sampai dengan lahirnya novel “Balada Si Roy” yang begitu laris manis di pasaran. Perjalanan hidup yang mengagumkan. Jiwa petualangan jang memesona. Kepercayaan diri yang begitu kuat sebagai jiwa dalam tiap langkah dan sikapnya.

Dengan membaca buku ini, didapat satu prinsip-prinsip sikap dalam menjalani sebuah profesi, apapun jenis profesi yang kita pilih. Kesungguhan, keseriusan, kerja keras dan penjiwaan mesti menjadi modal utamanya.

Pencapaian Gola Gong tidak didapat begitu saja. Semua dilalui dengan cukup keras dari masa kecilnya. Hampir semua pengalamannya terceritakan di buku ini. Bahkan dengan jelas-jelas Gola Gong juga mengatakan bahwa peranan orang tua sangat berpengaruh pada jalan hidupnya. Pada keputusannya.

Gola Gong juga meyakinkan bahwa kekuatan “buku” sangat mempengaruhi pola hidupnya. Dengan buku dunia menjadi begitu luas dan terbukanya. Dengan buku kita bisa menggenggam dunia. Dengan buku pula dia akhirnya menemukan jalan hidupnya. Imajinasi dan kesungguhannya dalam menyikapi hidup tak lepas sebagai pemicu tiap langkahnya. Imajinasi yang berawal dari akibat kecintaannya pada buku sejak masa kecilnya. 

Dalam buku ini, Gola Gong, menguraikan dengan rinci pengaruh buku pada kehidupannya. Juga cita-citanya untuk menyebarkan virus cinta buku pada generasi berikutnya. Dalam buku ini juga Gola Gong menguraikan bagimana dia mencintai Serang Banten, daerah yang bukan daerah kelahirannya, daerah yang terkenal sebagai derah Jawara dengan segala kesan miringnya, dan dia ingin mengubah kesan itu, dan terus memperjuangkannya.

Dari buku ini juga Gola Gong menguraikan latar belakang tokoh Roy dalam novelnya Balada Si Roy. Roy merupakan sosok rekaan yang tak sedikit menggunakan pengalaman perjalanannya sendiri (dari catatan hariannya) ke pelosok Nusantara dengan segala konfliknya. Dengan kenyataan itu Gola Gong menyatakan dengan sungguh bahwa kehidupannya adalah inspirasinya dalam tiap tulisannya. 

Jadikan hidup kita menjadi inspirasi. Jejali jiwa dengan kekuatan buku. Maka, dunia dalam genggaman.


Menggenggam Dunia Bukuku Hatiku ~ Editor By. I-One

0 komentar:

Posting Komentar