Pages

Senin, 09 Agustus 2010

Nggak Sekadar Ngampus – Bambang Q-Anees


Nggak sekadar ngampus tulisannya Mas Bambang Q Anees ini memang topp banget(bukan promosi lho).Isinya sangat menyentuh hati.Lebih pasnya membuat telinga jadi pedes,dan dada jadi deg-degan..he..he.Buku ini bukan cerpen ataupun sejenis novel,tapi merupakan suatu bentuk penuturan opini tentang keadaan dunia “kegelapan”mahasiswa dalam realita yang ada yang kemudian dibarengi dengan pencahayaan alias tips agar kuliah tidak hanya sekadar ngampuss..
Baru permulaan isinya saya baca,namun panasnya sudah terasa, Misal saja nukilan tulisan Andrias Harefa yang dimuat dalam buku tsb.
Lalu apa gunanya sekolah dan universitas kalau kita akhirnya hanya memproduksi beo-beo seperti para doktor pertanian yang tidak mampu membuat “jambu indonesia”atau “durian indonesia”,tetapi hanya membuat segala hasil-hasil pertanian serba Bangkok?………..
………Tidakkah sekolah dan universitas juga hanya mampu melahirkan sarjana-sarjana,bahkan belakangan juga doktor,yang bisanya cuma menjiplak hasil karya orang lain?Bukankah kita telah lama tahu bahwa sebagian besar sarjana kita tidak pernah menghasilkan karya tulis serius setelah diwisuda(bahkan juga para doktor dan profesor hanya sesekali menulis di media cetak untuk dapat disebut “pakar”.
Bagaimana?seru bukan?
Belum lagi nukilan dari tulisannya YB Mangunwijaya,tentang opininya sendiri mengenai memerdekakan manusia pegawai,menjadi manusia swasta.
Nukilan itu intinya begini,realita yang ada dunia pendidikan saat ini telah jatuh kepada power system yang justru mendidik manusia-manusia untuk menjadi “kuli babu” atau “panda-panda dalam sirkus”,bukan mendidik manusia yang kreatif.
Kalau memang tempat kuliahmu justru mendidik untuk menjadi kuli babu,jangan berkecil hati dulu,jadikanlah kuliahmu itu sebagai penyemangat dan kemudian disiplinkanlah dirimu sendiri agar kamu lebih bebas dan berfikir kreatif tidak terkekang dalam koridor yang sudah disediakan.
Itu semua bisa dicapai kalau kamu tidak kuliah hanya sekedar ngampus!!

Nggak Sekadar Ngampus ~ Editor By. I-One

0 komentar:

Posting Komentar