Pages

Senin, 05 September 2011

Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata - Pitoyo Amrih

Bisma Dewabrata adalah sebuah pribadi yangistimewa. Lahir tak pernah tahu dan mengenal ibu kandungnya. Cinta dan kasihsayang ibunya tercurah dari suara hati yang merasuk di hati dan pikirannyaselama pengembaraannya. Sesuatu yang dia anggap berasal dari ibunya, yangsejatinya adalah seorang dewi dari bangsa Dewa, bernama Dewi Jahnawi. Yangmenurut kabarnya, perwujudannya sebagai manusia adalah kisah jalan kematianyang ditempuhnya. Kepergian Dewi Jahnawi sama gelapnya dengan saat pertama kalikemunculannya bertemu Prabu Santanu, ayah Bisma. Bisma disusui dan dibesarkanoleh Dewi Durgandini, seorang putri dari kerajaan Wirata. Dan Bisma memangseorang ksatria utama! Dia wujudkan pengabdian sepenuhnya kepada Durgandinisebagai rasa terima kasihnya atas kasih sayang masa kecil Bisma. Bagaimana punsikap Durgandini kepada Bisma, tetap Bisma menghargai dan menghormatiDurgandini dengan sepenuh hati.

Puncaknya adalah sebuah sumpah yang keluar darimulut Bisma demi rasa lega Durgandini agar anak kandung Durgandini yang akanmewarisi tahta Hastinapura. Sumpah Bisma yang tak akan pernah menduduki tahtaHastinapura, walaupun dia yang paling berhak. Dan sumpah bahwa sampai mati takakan pernah menyentuh perempuan agar tak ada keturunannya yang menggugat atastahta Hastinapura. Sebuah sumpah yang luar biasa!

Sumpah itu yang membuatnya selalu menempuhperjalanan ke seluruh penjuru dunia wayang. Berguru ke semua resi, mendalamimakna kehidupan.

Sumpah itu juga yang membuat Bisma melihat bahwakehidupan tak lain adalah sebuah pengabdian. Pengabdian kepada janjinya,pengabdian kepada keluarga, pengabdian kepada keluarga dan kerabatnya,pengabdian kepada kebenaran yang dipegangnya, pengabdiannya kepada kehidupan,dan pengabdiannya kepada Sang Pencipta.

Sumpah itu pulalah yang membuat dia tanpa sengajamenewaskan seorang putri ksatria yang pernah dicintainya, Dewi Amba.

Jalan hidup Bisma begitu panjang. Perang besarBaratayudha yang dikobarkan Duryudana, adalah sebuah pertempuran antar saudarayang disesalkan Bisma, sekaligus ditunggu selama hidupnya. Karena melaluiperang itu, Bisma berkesempatan menempuh jalan kematiannya, rela mati di tanganSrikandi. Seorang putri ksatria dari Cempalareja. Tak seorang pun selain Bismadan Antasena, yang menyadari bahwa semua yang ada pada Srikandi mirip denganAmba.

Jalan hidup Bisma begitu panjang. Tak seorang pundi dunia wayang yang bisa mengerti kedalaman hati dan pikirannya. Mengagumisecara diam-diam sosok Kresna, raja Dwarawati. Tapi hanya Antasena muda, yangpaling dekat dan tahu siapa Bisma.

1 komentar:

Imam Baehaqi mengatakan...

download ko ga bs

Posting Komentar