Pages

Kamis, 01 Juli 2010

Detik-detik yang Menentukan ~ BJ Habibie


Jalan Panjang Indonesia menuju Demokrasi

Khazanah sejarah politik kontemporer Indonesia akan makin kaya dengan kehadiran sebuah buku yang merupakan memoir dari Bacharuddin Jusuf Habibie, presiden ke-3 RI. Buku memoir ini ditulis sendiri oleh B.J. Habibie berdasarkan cacatan yang beliau tulis semasa menjabat sebagai Presiden RI.
Buku yang diberi judul " Detik-Detik Yang Menentukan, Jalan Panjang Indonesia menuju Demokrasi" menguak banyak informasi yang selama ini belum diketahui oleh masyarakat dan terkadang menjadi polemik baik di kalangan akademisi, politisi maupun masyarakat awam.
Berbagai peristiwa, fakta-fakta sosial, ekonomi, politik, dan berbagai langkah kebijakan yang diambil B.J. Habibie selama masa pemerintahannya dirangkum dalam empat bab yang disusun sebagaimana adanya.
Buku ini diluncurkan pada tanggal 21 September 2006 di jakarta.
Memoir buku ini diawali dengan prolog yang menggambarkan situasi dan kemelut yang terjadi menjelang pergantian kepemimpinan dari Presiden Soeharto ke B.J. Habibie, kala itu Wakil Presiden RI. Prolog ditulis oleh tim editor yang dipilih oleh B.J. Habibie.
Sementara, bagian pokok buku yakni Bab satu hingga Bab empat ditulis sendiri oleh B.J.Habibie.
Pada Bab 1, B.J.Habibie menguraikan kejadian-kejadian yang menentukan saat menjelang pengunduran diri Presiden Soeharto.
Di Bab 2, B.J.Habibie memaparkan hal-hal penting yang terjadi selama 100 hari pertama pemerintahannya.
Bab 3, menyuguhkan secara tematik hal-hal mendasar yang dilakukan oleh B.J.Habibie pada masa pemerintahannya. Hal-hal penting yang dipaparkan antara lain : (a) masalah pemilu dan sidang istimewa MPR; (b) masalah perbankan dan ekonomi; (c) masalah Timor-Timur; (d) masalah otonomi daerah, dan (e) tentang Pak Harto.
Bab 4, memaparkan hal-hal penting yang terjadi pada 100 hari menjelang terpilihnya Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid.


Detik-detik yang Menentukan ~ Editor By. I-One

0 komentar:

Posting Komentar